Tuesday, October 8, 2013

ANAK DISLEKSIA (SULIT MEMBACA) YANG TIDAK LANJUT SEKOLAH ITU KINI TELAH MENJADI PEBISNIS SUKSES


Richard Branson menduduki urutan ke-4 orang terkaya di Inggris, dan ke-25 di dunia menurut versi Forbes pada tahun 2011. Kekayaan Richard Branson mencapai 4,5 triliun dolar Amerika. Richard Branson adalah pemilik Virgin Group yang merupakan kumpulan lebih dari 400 perusahaan. Maskapai penerbangan Virgin Blue adalah salah satu diantara ratusan perusahaan milik Richard Branson.

Richard Branson lahir di Blackheath, sebuah daerah pedesaan di London, Inggris.
Richard Branson menderita disleksia sejak kecil dan membuatnya kesulitan untuk belajar di kelas. Disleksia adalah kerusakan pada kemampuan otak utk menerjemahkan tulisan yang diterima oleh mata menjd bahasa yang bermakna.



Sejak kecil, Richard dilatih ibunya untuk menjadi pribadi yang berstamina prima dan independen. Ibu Richard melatihnya untuk menjadi pribadi yang dapat mengatur dirinya sendiri (sense of direction).
Salah satu caranya, Richard ditinggalkan ibunya sekitar 4 km dari rumah & berjalan kaki mencari jln yg tepat menuju rmh mereka. Ketika itu Richard Branson masih berusia 4 tahun dan ia sama sekali tidak menangis.

Pengalaman yang sama dilakukan kembali ketika ia hampir berusia 12 tahun. Ia ditinggalkan sekitar 35 km dari rumah dan diberi bekal roti lapis tanpa diberitahu ibunya dimana arah pulang ke rumah. Ia harus mencari tahu sendiri bagaimana pulang ke rumahnya.

Richard Branson memutuskan untuk menginap di rumah seorang kerabat dan meminjam sepeda mereka untuk pulang ke rumah. Ketika tiba di rumah, ia langsung menuju dapur dan mendapati ibunya sedang memasak dan berkata,”Bagus sekali, Ricky!”. Pengalaman ini membentuk Richard Branson menjadi pribadi yang mengasah dirinya untuk berpikir berbagai opsi dalam melakukan sesuatu.

Di usia 16, Richard berhenti sekolah dan pindah ke London memulai bisnis pertama yang berhasil, majalah STUDENT.

Di usia 17, Richard mendirikan Student Advisory Center yang memberikan layanan gratis untuk membantu kalangan muda. Di sinilah kata “Virgin” tercetus pertama kali ketika ia ingin mendirikan sebuah bisnis pengecer rekaman karena pada saat itu semua yang bekerja untuknya adalah anak-anak muda.
Richard Branson mempunyai 9 Prinsip Sukses:

Prinsip 1. KERJAKAN SAJA! Percaya bahwa apapun dapat dikerjakan. Buat persiapan sebaik mungkin dan percaya pada diri sendiri. “Apapun sasaran Anda, Anda tidak akan berhasil kecuali Anda membuang rasa gentar Anda.”:

Prinsip 2. BERSENANG-SENANGLAH TAPI SAMBIL BEKERJA KERAS. Sambar peluang dan ambil sikap positif dalam hidup.

Prinsip 3. JADILAH PEMBERANI. Pertimbangkan resiko dan kejar cita-cita. “Saya percaya sekali bahwa apapun tidak mustahil.”

Prinsip 4. TANTANG DIRI SENDIRI. Cobalah hal-hal baru. Arahkan bidikan tinggi-tinggi. “Tantangan adalah inti dan pegas utama semua kegiatan manusia.”

Prinsip 5. BERDIRI DI ATAS KAKI SENDIRI. Bergantung pd diri sendiri dlm mengejar cita-cita namun tetap hidup dalam dunia nyata. “Saya percaya pada tangan-tangan yang bekerja, otak-otak yang berpikir dan hati yang bisa berbela rasa.”

Prinsip 6. NIKMATI SETIAP DETIK ANDA. Lakukan perenungan dan jadikan setiap detiknya berharga. “Pada dasarnya, uang itu hanya sarana, bukan tujuan itu sendiri."

Prinsip 7. HARGAI KELUARGA DAN TEMAN.

Prinsip 8. BERSIKAP HORMAT. Pertahankan nama baik dan jujur dalam urusan apapun. “Jangan pernah membuat sesuatu yang membuat kita tidak bisa tidur nyenyak.”

Prinsip 9. BERUSAHA BERBUAT BAIK. Selalu percaya untuk dapat mengerjakan sesuatu untuk menolong.“Ubahlah dunia, bahkan meskipun hanya sedikit.”
Mari kita renungkan bersama


No comments:

Post a Comment

input your positive comment or insight from the post.

Status Blog