Saturday, August 8, 2015

Pengalaman Belanja di Elevenia, Surganya para seller dan Neraka para pembeli

Pengalaman Belanja di elevania.


Saya orang yang menyukai belanja online, karena tidak perlu macet, barang biasa lebih murah dengan kualitas yang sama. kalo barang agak mahal biasanya saya memutuskan untuk COD agar sama-sama enak antara pembeli dan penjual. Namun kali ini saya kena batunya. Toko online yang membawa nama besar dan iklan besar-besaran di Televisi, dan berbagai media online tidak menjamin kualitas pelayanan yang baik. Suntikan dana Investor boleh besar namun tidak ada jaminan pelayanan dan sistemnya sebesar iklan dan taglinenya.

Langsung saja ke pengalaman belanja saya di elevenia.co.id, saya mendapatkan promo sebelum lebaran dari elevania dari kartu XL saya (ya karena mereka satu grup). Saya percayalah, ada harga yang cukup murah dan ada promo diskon 5% pembayaran dengan kartu kredit. saya cari dengan seller yang harganya paling bagus namun testimoninya juga bagus reviewnya juga bagus. ketemulah dengan seller namanya dream city di link http://www.elevenia.co.id/store-dream-city-26077103. Harganya dibawah pasaran bahkan ketika di compare dengan toko online serupa seperti t*k*p*d, j*kn*t, bh*n*k*, b*k*l*p*k l*z*d*, dan toko online lainnya.

Ini tawaran yang sulit ditolak oleh pecinta videography seperti saya yang berkantong tipis. Akhirnya saya memutuskan membeli dari elevania pada tanggal 26 Juli 2015 hari minggu karena ada promo weekend 5% pakai kartu kredit. begitu Enter langsung masuk tuh pembayaran selesai uda langsung lompat 2 tahap dengan pembayaran kartu kredit ga usa konfirmasi pembayaran lagi. dengan Nomor Pesanan invoice 201507268928108.
Dari 5 tahap pembelian dari elevania :
1. menunggu pembayaran
2. pembayaran selesai
3. persiapan pengiriman
4. dalam pengiriman
5. pengiriman selesai


Nah dari pembayaran selesai, sekarang tergantung dari seller mau proses atau engga pembelian saya.
dikasih waktu dari sistem elevenia "katanya" 3 hari kerja, jika ga ada respon dari pembeli maka
terbatalkan secara otomatis oleh SISTEM, waktu saya telpon ke CS elevenia. Karena saya ngebet pengen dapet barangnya buat jalan-jalan bareng keluarga. saya rajin telpon CS nanyain kapan sampe kapan dikirim, etc, kalah deh orang PDKT. setelah "berusaha" bersabar menunggu 4 hari kerja, yang mana kalo di sistem harusnya sudah terbatalkan, tapi saya cek masih ga batal tuh. besokannya langsung status saya berubah ke tahap 3 = Persiapan Pengiriman. (ini uda satu minggu berlalu). Tanya lagi sama CS-nya persiapan pengiriman berapa lama dari SISTEM elevania agar seller kirim secepatnya ? katanya 4 hari kerja jika tidak dikirim seller maka otomatis terbatalkan. Tenang donk saya, seller pasti buru2 kirim. Saya juga uda tanya dan pastikan kalo ga dikirim ada punishment ga dari elevenia untuk seller-seller yang ga berkualitas ? oh tentu ada itu pasti kita review terus... (yeaaaa saya ketipu dengan kata-kata yang ini).

Akhirnya saya nunggu sampe hari ke-5. cek status. harapan saya status uda berubah ke tahap 4. yaitu
dalam pengiriman. pas cek status pengiriman di dashboard elevania Terkejutlah saya kalau tertulis
disana karena kesalahan sistem barang akan dikirim tanggal 8 Agustus15. (yang mana saya mesti tunggu lagi 1 minggu, total sudah 3 minggu dari tanggal pembelian 26 Juli15). Laporan lagi ke bos saya yang di Elevenia a.k.a CS. Kok bisa begini, katanya by sistem 4 hari ga dikirim bakal tercancel secara otomatis ?? jawabnya dengan enteng. Seller uda kasih konfirmasi bakal dikirim tanggal 8 Agust. jadi sistem cancel ga jalan. Oyaaaaa ????? (karena saya polgu polos dan lugu saya masih percaya neh). Saya bersabar lagi menunggu sampe tanggal 8 Agustus malam dan cek dashboard, status masih dalam persiapan pengiriman ??? WT*, persiapan pengiriman apaan sampe 2 minggu ? emang saya mesen Lemari apa ? kudu di ukur dulu, di potong, di cat, dan di amplas lalu di review. atau jangan-jangan sellernya ini dari China ? pengiriman lewat laut melewati hiu dan lumba-lumba di samudera pacific sangat memakan waktu dan menguras keringat ? Tapi saya liat alamatnya di Apartmen Ancol tuh. 90 menit naik bajaj juga sampe kerumah saya. menit ya bukan hari - catet.

Keesokan harinya tanggal 9 Agustus habis sudah kesabaran saya. Saya telpon lagi Bos Saya (masi inget kan ?). Kok status saya belum berubah ya dari pacaran ke tunangan.. eh maksud saya dari "persiapan pengiriman" ke "dalam pengiriman". Sellernya kagak niat jualan nih, saya email ke seller direspon juga kagak, dan saya lihat ada ratusan pertanyaan yang sama yang belum dijawab seller dari customer lain. 
Lalu CS bilang karena Seller nulis tanggal 8 Agustus, dan memang tanggal 8 kemarin belum dikirim. Maka maaf anda harus menunggu lagi 4 hari karena SISTEM kami akan otomatis membatalkan setelah 4 hari.....................another 4 days ????? Kalian semua uda kebayang donk ekspresi gw, uda random 7 rupa. Sebetulnya SISTEM batal otomatis itu ada ga sih ? atau hanya mitos ? lalu dia jawab kembali. maaf, sistem kami memang tanggal 5 - 31 July sedang bermasalah jadi tidak jalan sistem batalnya. Wuihhhhhhhhh kalo begitu caranya super enakkk ya jadi seller di elevania. ga ada namanya sistem batal otomatis, jadi seller mau kirim barang kapan aja bebasss.. sekali lagi.. BEBAS! ga perlu nanggepin komplen dari nasabah karena uda di handle oleh elevenia. Ga perlu repot update pesanan, ga perlu ngirim barang, karena semua uda dihandel.

WOKEEHHH, kalau gitu saya memutuskan batalkan saja pesanannya. kamera saya mau pakai buat jalan2 keluarga waktu 17-an, pupus sudah. ooo ok boleh dibatalkan, tapi nunggu approval dari seller ya pak, jawab CS dengan lembut. WHAAAAATTTTT THEEEE FFFF*******CCCCKKKK. Saya yang bayar, kartu kredit dipotong, saya rajin telpon, tanggapan dari seller aja saya belum terima, sekarang saya mau batalkan pesanan saya butuh approval dari Seller ? Terus kalo seller kagak setuju gimana ? kudu sujut sungkem gitu di depan dia agar uang saya kembali ? apartmennya aja kosong jangan-jangan (mulai berubah jadi PolGu Polos dan belagu). Pembeli adalah raja.. no no.. itu mungkin di toko lain, di sini pembeli itu sapi perah penjual. So bagi yang mau jualan barang, saran saya di Elevenia. Surganya buat seller.

Tagline buat buyer kudu diganti bukan surga belanja online anda. tapi Welcome to Hell Bro. sampai saat ini uang yang menurut saya jumlahnya cukup besar karena cukup menguras tabungan saya belum jelas bakal balik apa tidak, karena nunggu approval seller. Ya saya doakan, panjang umur, banyak rejeki, dan sukses selalu buat seller dream city di elevenia dan di online shop lainnya saya

lihatlapaknya ada di blanja.c*m juga.

1 comment:

  1. Waduh2, udah direfund blum tuh gan sampe skarang?
    makasih gan udah berbagi pengalaman.. Jadi ragu mau beli di elevania.
    diskonnya menggiurkan padahal..
    ikut mprihatin sama pengalaman ente gan.

    ReplyDelete

input your positive comment or insight from the post.

Status Blog