Tuesday, February 5, 2013

Topik sederhana untuk memulai percakapan

image topik

Untuk orang pendiam dan pemalu seperti saya yang kadang disebut "tidak pandai berbicara / talkactive" akan sulit memulai pembicaraan kalau tidak di sapa lebih dahulu.
Kenapa ? karena kebanyakan mikir ini dan itu.



Nah cara saya memanfaatkan hobi saya yang pemikir adalah dengan menyiapkan topik atau tema obrolan/percakapan sebelum memulai pembicaraan dengan orang lain.

tema tersebut hendaknya saya simpan beberapa, sehingga saya punya stock persediaan peluru apabila saya berada pada lingkungan sosialita.

Dari hasil pengamatan saya, inilah beberapa topik yang sering dibicarakan oleh orang tergantung tempat dan situasi, tetapi umumnya topik ini umum untuk dibicarakan.
  1. Makanan => mulai dari tempat makanan yang enak, nama makanan yang unik, resto yang ok, resep dan tips masak bagi yang suka masak, komentar tentang makanan, etc.
  2. Kegiatan => kalau biasa kita ketemu teman lama atau orang yang sudah lama kita ga ketemu pasti kita akan bilang, lagi sibuk apa sekarang ? kalau untuk orang yang baru ditemui, usaha atau kerja dimana ? bagian apa ? so on and so on.
  3. Hobi
  4. obrolan spesifik ke gender misalnya cowo ngobrolin kendaraan, cew ngobrolin fashion.
  5. Gadget
  6. Berita terhangat saat itu.
  7. Family things => pendidikan, anak, susu, sekolah, etc
  8. Health.
  9. Akan saya tambahkan lainnya, atau anda bisa commentar jika ingin menambahkan nanti akan saya masukkan kedalam list.
Setelah kata-kata pembuka, maka ada baiknya kita memiliki beberapa persiapan cerita atau story telling. Mengenai pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, atau informasi yang menarik.

Cerita bisa dikembangkan dalam bentuk :
  • Humor
  • teka-teki
  • Informasi
  • Pengetahuan
  • Gosip positif
  • Kejadian/musibah yang memiliki hikmah. Misalnya kecelakaan karena ..., atau ditipu oleh..
  • Pengalaman
Anda juga bisa mengembangkan pertanyaan-pertanyaan terbuka, yang membutuhkan jawaban agak panjang. Kunci melakukan pertanyaan terbuka adalah dengan menggunakan kata pertanyaan :
  • Bagaimana ?
  • Caranya ?
  • Apa ?
  • Contohnya ?
  • Pertanyaan untuk mencari sesuatu yang lebih spesifik atau mengetahui lebih dalam.

No comments:

Post a Comment

input your positive comment or insight from the post.

Status Blog